Sabtu, 01 Oktober 2011

Total Padatan Terlarut

TSS (Total Suspended Solid) atau total padatan tersuspensi merupakan padatan yang tersuspensi di dalam air berupa bahan-bahan organik dan inorganic yang dapat dihilangkan dengan cara penyaringan menggunakan kertas millipore berporipori 0,45 μm. Materi yang tersuspensi tersebut mempunyai dampak buruk terhadap kualitas air karena mengurangi penetrasi matahari ke dalam badan air, terjadinya peningkatan kekeruhan dapat air menyebabkan gangguan pertumbuhan bagi organisme yang hidup dengan ait tersebut (Anonim, 2011h).
TSS (Total Suspended Solid) pada pangan, kalau sampel didiamkan, ada dua kemungkinan. Bisa naik atau berkurang tergantung kandungan matrik dalam sampel. Adanya aktivitas bakteri ataupun reaksi tertentu dapat menyebabkan berubahnya nilai TSS tersebut. Oleh karena itu dalam standardnya, parameter TSS memiliki holding time/waktu tunggu yang cukup singkat. Kalau tidak salah cuma 24 atau 48 jam. Dan rekomendasinya harus langsung dilakukan analisis setelah sampel diambil, makanya disebut sebagai parameter insitu  atau onsite parameter (Anonim, 2011h).
Buah yang masih terlalu muda mempunyai kandungan gula yang kurang dan hanya sedikit asam, yang mengakibatkan perbandingan Total Zat Terlarut dengan asam tinggi. Dengan semakin masaknya buah, TZT bertambah (Pantastico, 1989). Kandungan TZT yang terdapat pada apel seperti fruktose, glukose, dan sukrose, dipadukan dengan rasa asam yang menimbulkan rasa khas pada apel (Soelarso, 1996).

0 komentar:

Poskan Komentar